Rabu, 28 Desember 2016

Macam-macam budaya di Gresik

Hai guys saya disini akan mengulas tentang budaya di daerah Gresik. Gresik adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibu kotanya adalah Gresik. Kabupaten Gresik memiliki luas 1.191,25 km². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa. Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto di sebelah selatan. Gresik dikenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik. Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan GerbangkertosusilaLokasi Kabupaten Gresik terletak di sebelah barat laut Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahan Kabupaten Gresik yaitu Kecamatan Gresik berada 20 km sebelah utara Kota Surabaya. Gresik juga terkenal dengan kota santri loh. oke langsung saja kita akan bahas budaya yang ada di Gresik. check this out

1) Pasar Bandeng
Pasar Bandeng merupakan salah satu tradisi warisan Walisongo yang hingga kini masih dilestarikan. Tradisi ini pertama kali diadakan oleh Sunan Giri untuk mengangkat perekonomian rakyat setempat. Dua dari sembilan Walisongo penyebar agama islam yang berada di Gresik sangat berpengaruh dalam membangun tatanan budaya masyarakat Gresik. Keduanya adalah Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Raden Paku atau Sunan Giri. Tradisi Pasar Bandeng (prepekan cilik dan prepekan gede) Yang diadakan dua hari sebelum Hari Raya Lebaran atau malam 29 ramadhan seharusnya menjadi ajang pengenalan hasil produksi masyarakat Gresik dan untuk menegaskan kembali hubungan erat antara tradisi agama dan ekonomi.
Pasar Bandeng

2) Malam selawe
Salah satu tradisi yang ada di Gresik dan sudah berlangsung selama ratusan tahun di bulan Romadlon adalah Malem Selawe ( Malam ke 25 Romadlon ). Sebenarnya Malam Selawe adalah malam puncak peziarah datang ke Makam Sunan Giri, baik Peziarah Lokal ataupun Peziarah dari luar kota, hal ini dikarenakan salah satunya adalah untuk mendapatkan barokah Malam Lailatul Qadar. Karena banyaknya peziarah yang datang, maka hal ini dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan dan menawarkan barang dagangannya.
Suasana malam selawe

3) Sedekah Bumi

Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau Jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat Jawa yang berpotensi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rizki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi. Bagi masyarakat Jawa khususnya para kaum petani dan para nelayan tradisi ritual turun temurun yang di adakan setahun sekali atau tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi, tradisi sedekah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa yang menyiratkan symbol penjagaan terhadap kelestarian yang khas bagi masyarakat agraris maupun masyarakat nelayan khususnya yang ada di pulau jawa.
Suasana Tradisi sedekah bumi
4) Pertunjukan Pencak Macan
Pencak macan adalah sebuah kesenian khas Gresik yang di klaim berasal dari desa Lumpur dan di ciptakan oleh kiai sindujoyo yang sekarang ini namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di desa lumpur.
Sejarah
Pencak macan berceritakan kiai sindujoyo saat bertapa di sebuah gua yang di ganggu oleh macan lorek dan macan putih, bukan itu saja, namun juga seekor kera, genderuwo dengan golok besarnya serta bujang ganong tokoh patih dalam seni reog tetapi di Pencak macan di sebut cingur dowo
Alur Pementasan
Di awali dengan pemeran cingur dowo yang melakukan tarian serta akrobatik
lalu datanglah sepasang macan memeragakan jurus pencak dan hingga pada akhirnya bertarung dengan seorang pendekar, di saat pertarungan sang pendekarn antara si macan datanglah kera dengan jurus pencak kera-nya dan si genderuwo dengan jurus pencak genderuwo-nya yang menggaggu  sebuah perkelahian tadi hingga pada akhirnya si macan dapat di lumpuhkan oleh pendekar.

ini adalah pertunjukan pencak macan
5) Festifal Damar Kurung

Damar Kurung merupakan tradisi warga muslim Gresik untuk menyambut lailatul Qodar pada bulan ramadhan dalam kalender Hijriyah, yang menggantungkan lentera damar kurung di depan rumah. Menurut Penelitian Jaseters, Dari segi Bahasa Damar berarti Lampu yang mengeluarkan cahaya dari api kecil. sedangkan Kurung diartikan seperti tempat hewan tinggal yang lebih menuju ke Kandang atau sangkar burung buatan manusia dengan peletakan dengan cara di gantung. Arti keseluruhan Damar Kurung adalah Sebuah Lentera dengan bentuk kurung-an dengan cara di gantung.
Festifal damar kurung
Terima kasih sebelumnya kepada pembaca artikel ini, Bilamana ada yang kurang mengerti di dalam artikel diatas, Tanyakanlah di kolom komentar. Dan bagi yang ingin Copy paste artikel ini diharapkan menyertakan sumber.


https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gresik








11 komentar: